RENOVASI & BANGUN KITCHEN SET

WOODELIO | Spesialis Kostum Kitchen Set Service sejak tahun 2001. Profesional Kitchen Kostum | CEPAT – FLEKSIBEL – BERGARANSI

DISKON KITCHEN SET 20%

Call: 0821.2837.4140
Email:  woodeliofurniture@gmail.com

Produk yang kami gunakan :
peralatan dapur
Sumber image : google

Dapur merupakan salah satu ruangan yang banyak diisi beragam peralatan dapur, baik untuk memasak, menyimpan makanan, maupun peralatan makan. Tak sedikit orang kerap menggunakannya dengan keliru tanpa disadari. Hal ini tentu memberi dampak buruk dan merusak peralatan dapur sehingga perlu menghindarinya.

1. Memasak Makanan Tertentu dalam Wajan Anti Lengket

anti lengket 1
Sumber image : google

Sebaiknya, hindari menyiapkan makanan seperti tomat atau buah citrus (buah-buah seperti lemon, jeruk nipis, dan sebagainya) di dalam wajan antilengket. Alasannya, kedua buah tersebut sangat asam. Ketika bersentuhan dengan permukaan wajan, kandungan asam dapat merusaknya, yang akhirnya membuat wajan antilengket lebih cepat rusak. Kamu dapat menggunakan wajan lain atau wajan yang sesuai ketika memasak tomat dan buah citrus.

2. Menggunakan Talenan Kaca

talenan
Sumber image : google

Permukaan talenan kaca sangat padat dan rapat. Ketika memotong bahan makanan di atas talenan kaca, hal itu bisa menumpulkan pisau dalam waktu singkat. Untuk itu, pilih permukaan yang lembut untuk pisau. Misalnya, menggunakan talenan kayu atau talenan plastik untuk membuat peralatan memotong atau pisau tahan lebih lama.

3. Membuang Sampah Makanan ke Dalam Wastafel

wastafel
Sumber image : pinterest

Membuang sampah makanan ke saluran pembuangan air wastafel berisiko membuat sumbatan. Kulit kentang banyak mengandung pati yang bisa menggumpal dan berubah menjadi bubur kental yang bisa menyumbat semuanya. Selain itu, daun artichoke dan kulit wortel juga tidak boleh dibuang ke saluran wastafel karena memiliki serat yang keras serta dapat menyumbat dan merusak bilah pembuangan.

4. Menggunakan Pemutih untuk Membersihkan Peralatan Dapur

kitchen sink 2 1
Sumber image : pinterest

Peralatan dapur yang dicat atau dipernis harus ditangani dengan hati-hati saat membersihkannya. Pemutih adalah cairan yang agresif. Jika menggunakannya sebagai bahan pembersih, kamu berisiko merusak permukaan atau peralatan tersebut. Sebagai gantinya, gunakan sabun lembut dengan kain lembut dan air hangat.

5.Menempatkan Peralatan Dapur Kayu pada Mesin Cuci Piring

Ada beberapa benda kayu yang aman untuk dicuci dengan mesin pencuci piring, tetapi kebanyakan tidak. Misalnya, hindari mencuci sendok, piring, atau talenan yang terbuat dari kayu menggunakan mesin pencuci piring. Selama proses pencucian di mesin pencuci piring, air mencapai suhu yang sangat panas.

Hal tersebut dapat merusak material dan menyebabkan retakan, lengkungan, juga perubahan warna pada peralatan dapur nya .

Demikian beberapa hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada peralatan dapur .  Woodelio Kitchen Set Spesialis juga akan memberikan informasi mengenasi beberapa kerusakan yang sering terjadi pada peralatan dapur .

Berikut adalah beberapa kerusakan pada peralatan dapur yang sering terjadi .

Kerusakan Pada Peralatan Dapur

Peralatan dapur yang rusak tentunya sangat menjengkelkan. Misalnya saka microwave yang tak kunjung panas, freezer bau amis atau mungkin keran air yang bocor.

Waktu anda saat memasak pun jadi terganggu. Apalagi jika hal ini terjadi di pagi hari, saat anda sibuk menyiapkan sarapan untuk semua anggota keluarga yang akan beraktivitas di luar rumah.

1.Kulkas Tidak Bisa Mendinginkan Makanan

Apakah makanan yang disimpan di kulkas rasanya tidak dingin dan segar? Hal ini bisa jadi kulkas di rumah Mama rusak. Pertama, cobalah periksa apakah pintu dan segel kulkas tertutup rapat? Pastikan juga untuk memperhatikan apakah ada tetesan air, panas yang berlebihan atau bunyi yang tidak biasa dari mesinnya.

Kalau anda menemukannya, segera panggil teknisi. Kulkas yang rusak harus segera diperbaiki, kalau tidak bahan makanan yang ada didalamnya bisa rusak.Terutama bahan makanan mentah yang ada di freezer.

2.Tercium Bau Busuk Dari Dalam Kulkas

Apakah anda mencium bau tak sedap dari dalam kulkas, seperti bau busuk atau bau amis? Ternyata penyebabnya, yakni makanan yang sudah membusuk.

Terutama kalau anda merasa bahwa makanan yang disimpan di kulkas selalu cepat busuk. Hal ini kemungkinan ada kaitannya dengan pengaturan suhu kulkas yang salah. Sesuaikan suhu di dalam kulkas ke pengaturan optimal maksimal 4 derajat celsius untuk mencegah penumpukan embun beku, pertumbuhan jamur atau bau.

Segera buang makanan yang berbau tak sedap atau berjamur. Kemudian bersihkan rak dengan sabun cuci piring, buka pintu kulkas agar baunya menghilang dan bersihkan bagian evaporator.

3.Microwave Tidak Bisa Memanaskan Makanan

Jika microwave di rumah anda tidak bisa memanaskan makanan seperti biasanya. Hal ini kemungkinan ada kerusakan pada komponen microwave. Apakah anda sering tak sengaja menyalakan microwave saat isinya kosong? Kebiasaan ini ternyata bisa memicu kerusakan microwave,lho!

Di dalam microwave terdapat magnetron, ia bisa terbakar ketika microwave dihidupkan dalam keadaan kosong. Jika hal ini terjadi, kemungkinan besar anda harus menggantinya dengan yang baru.

4.Keran Air di Dapur Bocor dan Terus Menetes

Masalah ini umumnya sering terjadi di dapur. Perkara keran bocor memang sepele, namun jika tak segera diperbaiki nantinya bisa menciptakan kerusakan yang lebih besar dan merepotkan.

Keran bocor akan membuat dapur jadi bau, becek dan lembap. Akhirnya hal ini bisa mengundang binatang seperti kecoa atau tikus dan jadi sarang penyakit.

Cari tahu letak kebocorannya, apakah pada bagian sambungan antara pipa air dan keran atau di keran itu sendiri. Jika anda tak bisa memperbaikinya sendiri, mintalah bantuan pasangan atau panggil teknisi saja ya!

5.Alas Microwave Tidak Berputar

Saat sedang dinyalakan, alas microwave biasanya akan berputar. Namun, jika tidak berputar dengan baik, makanan jadi dan tidak matang secara merata.

Untuk mengatasinya, bersihkan microwave. Pastikan tidak ada sesuatu yang mengganjal, misalnya sisa-sisa makanan. Jika sudah terlihat bersih, tetapi tetap tidak berputar berarti masalahnya ada di komponennya.

6.Cooker hood Tidak Menghisap Asap

Cooker hood atau yang lebih dikenal dengan pengisap asap, fungsinya untuk mengurangi asap dan aroma menyengat yang dihasilkan dari proses memasak.

Ketika cooker hood tidak dapat berfungsi seperti biasanya, periksa apakah ada saluran yang tersumbat? Apakah filter udaranya sudah lama tidak dibersihkan?

Namun, pemeriksaan dan pembersihannya sangat rumit, sebaiknya anda memanggil teknisi untuk membersihkannya.

Demikian informasi seputar kerusakan dan penyebab nya yang  Woodelio Kitchen Set Spesialis  telah rangkum untuk anda . Untuk mengetahui beberapa tips lainnya mengenai kitchen set dan dapur anda boleh menghubungi atau mengunjungi  Woodelio Kitchen Set Spesialis  .